Al-Quran digunakan untuk menundukkan Jin?

Ilustrasi: Sudut pandang alam Jin

Kita banyak mendengar bahwa ada di antara kaum muslimin yang menisbatkan dirinya kepada ilmu dan kebajikan. Mereka mendakwakan diri telah menundukkan jin dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur'an. Yang menjadi pertanyaan, benarkah hal tersebut bisa dilakukan dan benarkah AI-Qur'an dapat digunakan untuk hal itu? Jawabnya adalah: Tidak benar dan tidak mungkin!

Syaikh Majd Muhammad Asy-Syahawi r berkata, "Tidaklah diragukan lagi bahwasanya pada saat sekarang ini tidak ada orang yang meminta bantuan jin dengan Al-Qur'an semata tanpa menggunakan mantra-mantra dan jimat dari sihir yang tidak diketahui maknanya. Kami telah memberikan peringatan terhadap kesesatan yang ada di dalamnya. Barang siapa mengklaim telah meminta bantuan jin dengan Al-Qur'an semata tanpa menggunakan selain Al-Qur'an, maka is adalah pendusta dan penipu."1)"

Rasulullah g sekalipun tidak melakukan hal itu. Bahkan beliau menyuruh para sahabat untuk meruqyah diri mereka sendiri sebagai bentuk perlindungan dari setan dan mengusir setan. Kalau Rasulullah g menginginkan maka tentu beliau bisa melakukannya. Namun kita lihat dalam sejarah Rasulullah g tidak pernah menundukkan jin apalagi memanfaatkan jin untuk kepentingan dirinya sendiri atau orang lain.


1) Tandhirul Arwah wa Taskhiru al-Jan Baina Baina Haqiqah wal Khurafat: 103-104

Ref. buku: Sembuh dengan Ruqyah - Husain Al-Mubaraq, MA - Bukhari Abdul Muid,
LC. hal:53

 

0 Komentar